Amankah Makan Dine In di Masa Pandemi?

dine-in-saat-pandemi.jpg
 
Kapan terakhir kali kamu makan dine in di restoran? Untuk kamu yang sangat waspada terhadap COVID-19, mungkin mengatakan sudah sangat lama hingga lupa kapan waktu tepatnya. Wajar saja, mengingat pandemi yang melanda hampir seluruh negara di dunia ini sudah berlangsung lebih dari 1 tahun.

Namun, dengan kembali normalnya aktivitas perkantoran mungkin akan membuatmu terpaksa harus dine in di sebuah restoran in Pekanbaru maupun daerah lain sesuai domisilimu. Misalnya saja karena kamu sedang bepergian dan melewati waktu makan, harus meeting bersama klien, dan berbagai alasan lainnya. Nah, jika kamu mengalami kondisi ini, jangan takut karena kamu bisa mengurangi risiko terpapar dengan melakukan beberapa cara berikut:

Bawa tisu basah dan kering
Selain hand sanitizer, kamu juga sebaiknya selalu menyediakan tisu basah dan kering di dalam tas. Meskipun meja yang kamu tempati terlihat bersih, untuk memastikannya kamu bisa mengelapnya kembali dengan tisu basah yang mengandung disinfektan. Kamu juga sebaiknya menggunakan tisu kering yang dibawa sendiri saat membutuhkannya, baik untuk mengelap tangan maupun menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin.

Pilih restoran yang tepat
Pastikan bahwa restoran yang kamu pilih terlihat bersih dan memerhatikan protokol kesehatan. Contohnya ialah memberi batasan pada jumlah pengunjung, semua petugasnya menggunakan masker, menyediakan hand sanitizer, dan sebagainya. Akan lebih baik lagi jika restoran juga memasang sekat transparan pada setiap meja yang akan memberi pengaman pada semua pengunjung meskipun duduk di satu meja.

Selalu gunakan masker
Jangan pernah melepas masker kecuali saat kamu akan menyantap makanan atau minuman. Letakkan masker pada tempat yang aman. Misalnya gunakan tisu kering sebagai alas untuk menyimpan masker. Jangan lupa untuk menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu sebelum memasang kembali masker setelah kamu selesai makan.

Rajin mencuci tangan
Hand sanitizer memang efektif untuk membunuh kuman dan bakteri. Namun ada baiknya jika kamu tetap mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Kamu juga bisa membawa dan menggunakan sabunmu sendiri saat mencuci tangan agar bisa merasa yakin mengenai kebersihannya. Jangan lupa, cuci tangan dengan cara yang benar minimal 20 detik, ya!

Bayar cashless
Untuk mengurangi risiko terpapar virus dari uang yang beredar, maka kamu bisa memanfaatkan pembayaran cashless. Jika restoran menyediakan pembayaran melalui aplikasi, maka manfaatkanlah karena artinya kamu hanya perlu menggunakan ponsel saat proses pembayaran. Atau jika tidak maka kamu bisa memanfaatkan fasilitas debit untuk pembayarannya.

Hal penting lainnya yaitu, jika restoran menyediakan tempat makan outdoor, maka sebaiknya pilih lokasi tersebut. Setidaknya udara bebas yang tersirkulasi maksimal dapat mengurangi risiko kamu terpapar virus ini. Semoga tips-tips di atas bermanfaat, ya!