Aneka Sajian Pisang Khas Makassar yang Menarik untuk Dicoba

Aneka-Sajian-Pisang-Makassar.jpg
 
Wisata kuliner menjadi hal yang tidak boleh kamu lewatkan ketika sedang berlibur keliling Indonesia. Sebab, negara ini memiliki aneka kuliner khas yang akan sangat sayang untuk diabaikan. Termasuk juga saat kamu ke Makassar dan berencana mendatangi restoran di Makassar. Jika kamu memesan makanan yang umum dan bisa ditemukan di mana saja, pastinya akan sayang sekali. Sebab, menikmati makanan khas Makassar di kota asal tentunya lebih spesial dibandingkan menikmatinya di kota lain.

Di antara sekian banyaknya makanan khas Makassar, ada 3 olahan pisang yang sangat terkenal dan wajib kamu coba. Apa sajakah itu?

Es Pisang Ijo
Jenis makanan ini sebenarnya bisa kamu temukan di berbagai lokasi, terutama untuk kamu yang tinggal di area Jabodetabek. Namun, menikmati makanan ini di daerah asalnya pasti lebih terasa spesial, kan?

Sesuai dengan namanya, es pisang ijo adalah sajian makanan berupa pisang yang dibalut dengan adonan berwarna hijau. Pisang ini disajikan di atas bubur sumsum yang telah dicampur dengan sirup. Kemudian, pisang hijau diberikan es batu agar terasa semakin nikmat. Rasa es pisang ijo adalah manis karena sirup dan juga gurih yang berasal dari bubur sumsum.

Es Pallu Butung
Memiliki tampilan yang agak mirip dengan es pisang ijo, sering membuat orang menganggap bahwa pallu butung dan pisang ijo adalah sama. Padahal, pisang pada es ini tidak dibalut dengan adonan berwarna hijau.

Itulah satu pembeda dua jenis makanan ini. Selain itu, kedua makanan ini memiliki beberapa perbedaan lainnya. Misalnya saja jenis pisang yang digunakan dan cara penyajiannya. Es pisang ijo umumnya menggunakan pisang kepok sementara es pallu butung menggunakan pisang raja. Mengenai cara penyajiannya, es pallu butung sering kali dilengkapi berbagai topping tambahan sementara es pisang ijo disajikan hanya dengan bubur sumsum, sirup, dan es.

Pisang Epe
Ini merupakan jenis kuliner yang sangat terkenal dan wajib kamu nikmati saat bersantai di Pantai Losari, Makassar. Penamaan makanan ini didasarkan dari cara pembuatannya, yaitu pisang yang dijepit hingga pipih dan kemudian dibakar (epe: jepit).

Setelah dibakar, pisang epe kemudian disajikan bersama aneka saus sesuai dengan selera. Ada saus gula merah, saus coklat, dan sebagainya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambah kenikmatannya dengan memberikan ragam topping tambahan di atasnya. Menikmati manisnya pisang epe sambil melihat pemandangan Pantai Losari, dijamin akan membuatmu ketagihan.

Banyak ya olahan pisang yang menjadi kuliner menarik di Makassar. Di antara ketiganya, mana nih yang paling ingin kamu coba?