Asyiknya Berwisata ke Mini Grand Canyon Pekanbaru

grand-canyon-pekanbaru.jpg

 

Tidak banyak wisatawan yang tahu bahwa Pekanbaru memiliki wisata alam berupa canyon yang unik. Berlokasi tak jauh dari deretan hotel di Pekanbaru yang dekat dengan bandara, tempat wisata ini sebetulnya sangat menarik untuk dikunjungi. Bayangkan saja, meskipun luasnya tidak begitu besar, Anda bisa menikmati pemandangan ala Grand Canyon di tempat ini. Tidak salah jika lokasi wisata ini dikenal dengan nama Mini Grand Canyon.

Terletak tak jauh dari Gardu Induk PLN Jalan Air Hitam Pekanbaru, dulunya lokasi ini merupakan area pembuangan sampah. Hanya saja, saat masyarakat setempat hendak membersihkan sampah-sampah tersebut, mereka menemukan bukit kapur yang menjulang tinggi. Permukaan kapurnya pun berwarna kecokelatan, mirip dengan area wisata Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat. Selidik punya selidik, bebatuan kapur ini terjadi secara alami alias karena proses alam. Tak jauh dari bukit kapur, terdapat juga danau mini yang menambah keindahan area ini.

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, Mini Grand Canyon ini sudah digandrungi oleh masyarakat setempat sejak dibuka pada tahun lalu. Tiket wisatanya cukup terjangkau, yakni sebagai berikut:

  • Orang Dewasa              Rp10.000

  • Anak-anak                     Rp5.000

  • Shooting                        Rp250.000/tim, maks 20 orang/3 jam

  • Event 1/2 Hari                Rp500.000

  • 1 Hari                             Rp1.000.000

Dari segi lokasi, Mini Grand Canyon ini juga cukup strategis dan mudah dijangkau, yakni 20 menit saja dari pusat kota. Area parkir juga tersedia untuk Anda yang datang dengan kendaraan pribadi. Jadi, jika Anda tengah berlibur ke Pekanbaru, jangan lupa sempatkan untuk datang dan berfoto di tempat wisata nan indah ini, ya.

Mengingat areanya tidak terlalu luas, Anda bisa meluangkan waktu sekitar 1 atau 2 jam saja untuk berfoto dan berwisata di Mini Grand Canyon. Disarankan untuk datang di pagi atau sore hari karena sinar matahari yang baru terbit atau tenggelam akan menambah dramatisasi hasil foto Anda. Gunakan pakaian yang nyaman karena udara cukup panas serta pakailah alas kaki yang tidak licin. Setelah bosan berfoto, Anda bisa langsung berpindah ke itinerary wisata berikutnya atau mampir ke restoran sekitar untuk mengisi perut.

Jadi, tertarik untuk mampir ke Mini Grand Canyon Pekanbaru ini?