Lebih Dekat dengan Alam: Yuk, Nikmati Wisata Hiking di Bandung!

lebih-dekat-dengan-alam.jpg
 
Hiking dan trekking merupakan dua aktivitas yang banyak digemari oleh para traveler. Kedua kosakata ini bahkan sering dijadikan sebagai sinonim, seolah arti dari keduanya dapat digunakan secara bersamaan dan memiliki kemiripan secara harfiah. Padahal, menurut situs Adventures, keduanya merupakan aktivitas yang berbeda.

Hiking merupakan aktivitas berjalan kaki, termasuk di dalamnya mendaki, di lingkungan alam atau pada jalur yang sudah ditentukan. Sementara trekking merupakan aktivitas berjalan yang cukup panjang, di luar jalur yang belum ditentukan. Durasinya bahkan bisa memakan waktu berhari-hari.

Nah, akhir-akhir ini, wisata hiking mulai naik daun dan digemari oleh masyarakat. Pasalnya, di tengah pandemi seperti sekarang, aktivitas hiking dianggap mampu menghilangkan rasa penat. Ditambah lagi dengan sajian pemandangan alam yang memukau dan udara yang segar; tak heran jika setiap akhir pekan, banyak masyarakat ibu kota yang datang ke pinggiran Jakarta atau bahkan ke Bandung, demi melakukan aktivitas hiking.

Untuk Anda yang tengah mempertimbangkan staycation di hotel dekat Jalan Riau Bandung, mungkin aktivitas hiking ini bisa dicoba, ya. Lokasinya masih terjangkau dari area hotel dan pastinya bisa membantu Anda lebih fresh selama liburan.

Simak ulasan mengenai tempat wisata hiking di Bandung berikut ini:

1. Wana Wisata Jayagiri
Terletak di kawasan Lembang, Wana Wisata Jayagiri merupakan tempat wisata hiking pertama yang bisa Anda coba saat berada di Bandung. Tempat ini terkenal dengan wisata alamnya yang eksotis, dengan pohon pinus yang lebat dan udara yang sejuk. Menariknya, jalur hiking di Jayagiri pun bervariasi—ada yang cukup terjal hingga cocok untuk para pendaki yang sudah pro, dan ada pula yang landai sehingga cocok untuk pemula.

2. Stone Garden
Tempat wisata lain yang bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin hiking adalah Stone Garden. Berada di kawasan Gunung Masigit, Citatah, Anda bisa menikmati nuansa berjalan di antara padang rumput dengan bebatuan. Konon, Stone Garden merupakan bekas lokasi pertambangan yang sudah ada sejak abad ke-19. Setelah membeli tiket, Anda bisa melakukan hiking dari bawah menuju puncak. Di sepanjang jalan yang cukup terjal, Anda bisa melihat bebatuan yang tersusun dengan formasi matematis, dengan lanskap Gunung Masigit yang indah.

3. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda
Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda atau yang dikenal juga dengan Tahura Djuanda merupakan kawasan konservasi terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman jenis pinus. Terletak di Kompleks Tahura, Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, taman ini memiliki luas sekitar 590 hektare. 

Tahura Djuanda dapat dikunjungi setiap hari antara jam 08.00-18.00 dengan harga tiket masuk Rp12.000 per orang. Selain dijadikan sebagai kawasan konservasi, taman ini juga kerap dijadikan tempat wisata serta area hiking oleh masyarakat setempat. Jika Anda ingin mencobanya, jalur hiking di taman ini tergolong aman dan juga nyaman. Terdapat berbagai papan petunjuk yang disediakan untuk memudahkan para wisatawan. Jadi, yuk coba!

Itu dia tempat-tempat wisata yang bisa Anda kunjungi jika ingin menikmati keseruan hiking di Bandung. Selamat berkunjung dan semoga bermanfaat, ya!