Liburan ke Bali? Ini Kiat Aman Berenang saat Pandemi

berenang-saat-pandemi.jpg
 
Berlibur ke Bali tentu belum lengkap rasanya jika tidak menyisihkan sedikit waktu untuk berenang. Entah itu berenang di kolam renang milik hotel di Jimbaran yang kamu huni atau di pantai. Hanya saja, di tengah pandemi seperti sekarang, banyak masyarakat yang mengurangi aktivitas renang karena takut dengan risiko terpapar virus corona. Namun demikian, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melalui situs resminya, menyatakan bahwa tidak ada bukti scientific tentang virus corona yang dapat menyebar dari satu orang ke orang lainnya melalui air. Tak hanya itu, masih menurut CDC, klorin dan bromin yang digunakan untuk disinfektan kolam renang juga tak memungkinkan virus penyebab COVID-19 aktif.

Nah, agar kamu tidak khawatir dan tetap aman saat berenang, ada beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Cek kondisi tempat renang. Entah di kolam renang indoor, outdoor, atau bahkan di pantai, selalu cek keramaian kolam sebelum berenang. Pastikan ada screening kesehatan yang dikhususkan untuk pengunjung sebelum memasuki area renang dan cek kapasitas areanya. Jika memang dirasa terlalu ramai dan sulit untuk menjaga jarak, lebih baik urungkan niat untuk berenang. Lebih baik datang keesokan harinya lagi sebelum ramai.

2. Tetap jaga jarak. Meskipun COVID-19 bukan waterborne disease, bukan berarti kamu boleh sembarangan ketika berenang. Potensi penularan melalui droplets atau tetesan masih tetap ada, sehingga disarankan untuk selalu menjaga jarak dengan pengunjung lain minimal 1,5 meter, entah saat berenang atau bahkan ketika berada di dalam ruang ganti. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ke kolam renang, ya!

3. Pakai kacamata renang. Selain membawa peralatan pribadi, kamu disarankan juga untuk melengkapi diri dengan kacamata renang. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi mata dari air kolam. Dengan demikian, mata tidak akan iritasi karena terkena air yang mungkin sudah terkontaminasi kuman atau bakteri.

4. Segera mandi. Terakhir, jangan lupa untuk segera mandi dengan sabun, sampo, dan juga menyikat gigi setelah berenang. Untuk itu, ada baiknya jika kamu memilih berenang di kolam renang hotel sehingga kamu bisa langsung bilas segera setelah berenang. Jangan lupa untuk langsung mencuci pakaian yang digunakan setelah renang dan jangan dicampurkan dengan pakaian kotor lainnya, ya.

Berenang saat pandemi memang terdengar riskan, namun jika kamu sudah menerapkan tips di atas dan mencari waktu yang tepat untuk berenang, aktivitas ini tetap bisa dilakukan. Ingatlah selalu untuk memerhatikan protokol kesehatan demi keselamatan dirimu dan orang lain. Semoga bermanfaat!