Museum Negeri, Salah Satu Museum Terkenal di Jayapura

museum-negeri.jpg

 

Saat berencana liburan ke Jayapura, Danau Imfote atau Telaga Cinta di Sentani pastinya masuk ke dalam list kunjunganmu. Padahal, Kota Jayapura yang berada di bagian timur Indonesia ini juga punya wisata museum yang bisa kamu kunjungi dan tak kalah menarik dibanding wisata bahari, loh. Salah satunya yaitu Museum Negeri Provinsi Papua.

Museum Negeri Provinsi Papua merupakan salah satu museum budaya di Jayapura yang berdiri pada tahun 1981. Museum ini mulai aktif sejak tahun 1983 dan baru kemudian diresmikan tahun 1990. Di museum ini, terdapat 3.447 koleksi benda peninggalan sejarah dengan status kepemilikan titipan sekitar 15 jumlah koleksi.

Benda peninggalan sejarah tersebut meliputi benda geologi, biologi, arkeologi, histori, numismatik, keramik, fisiologi, seni rupa, peta, profil manusia, hingga diorama.

Beberapa koleksi di museum ini juga didominasi oleh benda-benda etnografis seperti peralatan seniman, teknologi tradisional, perlengkapan upacara, patung, hingga buku-buku bacaan. Tidak cukup sampai disitu, di sini, juga terdapat berbagai koleksi pakaian adat dan panah khas Papua. Bahkan, ada juga benda-benda historika peninggalan sejarah hingga koleksi fisiologi seperti tulisan-tulisan kuno zaman dahulu yang biasanya banyak ditemukan di atas bebatuan maupun gua.

Koleksi lainnya yaitu terdapat mata uang Spanyol, Portugis, Belanda, hingga Papua yang dulunya pernah digunakan masyarakat untuk alat pembayaran sejak zaman Hindia Belanda. Selain itu, di museum ini juga terdapat keramologi atau porselen (piring besar), yang dulunya digunakan untuk alat pembayaran mas kawin masyarakat Papua.

Tidak hanya benda peninggalan, museum satu ini juga dilengkapi dengan fasilitas super lengkap seperti adanya ruangan pameran temporer, ruangan pameran tetap, ruangan reparasi, ruangan administrasi, perpustakaan, auditorium, laboratorium, audio visual, kafetaria, hingga toilet.

Museum ini berlokasi di Jalan Raya Sentani KM 17.8 Kelurahan Waena, Kecamatan Heram, Jayapura atau sekitar 36 menit dari hotel di Jayapura yang bisa kamu inapi. Jadi, tidak akan menyulitkanmu saat hendak ke sana.

Nah, selain menikmati budaya Papua di Museum Negeri Provinsi Papua, kamu juga bisa berkeliling kota menggunakan taksi (angkutan kota) untuk melihat Monumen Pepera, Pantai Abe, hingga Teluk Youtefa.

Selamat berwisata museum & jalan-jalan di Jayapura, ya!