Ragam Wisata Bahari di Jayapura

wisata-bahari-di-jayapura.jpg
 
Saat mendengar kata Jayapura, tidak sedikit orang yang langsung teringat pada Raja Ampat. Padahal, gugusan pulau menawan ini berlokasi di ujung barat Pulau Papua, sementara Kota Jayapura ada di ujung timur pulau dengan bentuk bak burung ini. Meski begitu, Jayapura juga punya wisata bahari yang cukup menawan, lho.

Macam-macam destinasi wisata perairan di Jayapura pun tidak perlu transportasi laut seperti dari Kota Sorong ke Raja Ampat. Pasalnya, beberapa objek wisata berikut cukup ditempuh dengan kendaraan pribadi dari hotel di Jayapura tempat Anda menginap. Lantas, di mana sajakah lokasi-lokasi yang dimaksud? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Pantai Holtekamp
Pantai Holtekamp terletak 17 kilometer sebelah selatan dari FOX Hotels Jayapura. Cukup berkendara dengan mobil selama 30 menit, Anda sudah bisa sampai di pantai berpasir abu-abu kehitaman ini.

Keunikan Pantai Holtekamp tak cuma dari pasirnya saja. Sebab, pantai ini juga punya pesisir yang landai dan panjang. Sehingga, deburan ombaknya tergolong kecil. Tentunya kondisi ini nyaman sekali untuk Anda yang sekadar ingin bermain air dari bibir pantai atau menikmati sepoi-sepoi angin pantai. Selain itu, kawasan pesisir ini juga dilatarbelakangi oleh Jembatan Holtekamp yang membentang di atas Teluk Youtefa.

Pantai Base G
Delapan kilometer sebelah utara FOX Hotels Jayapura, membentang Pantai Base G yang dulunya merupakan lokasi pendaratan pasukan sekutu di Pulau Papua saat Perang Dunia ke-2. Pantai berpasir putih ini juga punya pesisir yang cukup landai dan panjang. Namun, deburan ombaknya sedikit lebih kuat daripada Pantai Holtekamp.

Keindahan Pantai Base G juga didukung oleh bebatuan karang besar yang banyak terdapat di bibir pantai. Selain itu, pesisir kawasan ini juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit di Jayapura. Kalau Anda ingin melihat indahnya sunrise dari ufuk timur, coba kunjungi pantai ini setengah jam sebelum jadwal matahari terbit, ya.

Danau Sentani
Selain kawasan pesisir laut, wisata bahari di Jayapura juga bisa Anda lakukan di telaga luas bernama Danau Sentani. Danau terbesar di Pulau Papua ini memiliki luas sekitar 9.360 hektare serta kedalaman rata-rata sekitar 24,5 meter.

Keelokan danau ini bisa Anda lihat dari susunan bukit-bukit serta 22 pulau kecil yang mengelilinginya. Salah satu telaga kecil di kawasan ini pun sempat terkenal luas dengan nama Danau Love atau Danau Imfote. Sayangnya, lokasi danau kecil berbentuk seperti tanda cinta itu tak lagi dibuka untuk umum.

Namun, Anda masih bisa mengunjungi telaga besar Danau Sentani yang memiliki banyak spesies endemik untuk ditangkap dan disantap. Tak hanya itu, Anda pun bisa berenang, menyelam, sampai bermain ski air di sini, lho.

Itulah dia 3 tempat wisata perairan yang bisa Anda kunjungi ketika bertandang ke Jayapura. Apakah ada lokasi yang menarik perhatian Anda?