Rekomendasi Wisata Alam di Provinsi Riau. Ke Sana, yuk!

rekomendasi-wisata-alam-riau.jpg
 
Menjadi salah satu provinsi terkaya di Indonesia, Riau memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi saat musim liburan. Misalnya saja, wisata alam dengan pesona yang memukau. Jika kamu sedang berada di ibu kota provinsi ini dan menginap di hotel di Pekanbaru sempatkan diri ke sana, ya. 

Berikut merupakan beberapa rekomendasi wisata alam di Riau yang bisa kamu kunjungi:

1. Air Terjun Batang Kapas
Suka wisata yang menguji adrenalin? Kamu wajib mengunjungi Air Terjun Batang Kapas! Pasalnya, di air terjun ini, kamu bisa mencoba olahraga ekstrem seperti mendaki bebatuan cadas hingga memanjat tebing. Bukan cuma itu, kamu juga bisa berkemah sembari menikmati keindahan yang disuguhkan air terjun.

Perbukitan dari air terjun ini diperkirakan memiliki ketinggian mencapai 150 meter, sehingga cipratan airnya bisa terasa hingga jarak yang cukup jauh. Lokasi air terjun ini terletak di Batu Sasak, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

2. Sungai Gulamo
Sungai Gulamo merupakan salah satu sungai di Provinsi Riau yang mengusung tema Geopark. Sungai ini memiliki keunikan di mana bentuknya mirip dengan Green Canyon Pangandaran. Air sungai ini pun berwarna hijau dan biru yang berasal dari pantulan hutan yang mengelilingi Sungai Gulamo.

Selain melihat keindahan sungai, di sini kamu juga bisa berenang, mengelilingi sungai menggunakan perahu, hingga berfoto dengan latar hutan nan asri. Jika mau ke sini kamu harus merogoh kocek sekitar Rp200.000 sampai Rp500.000 per orang. Namun, harga ini sudah include makan, perahu, perlengkapan berenang, dan pemandu wisata. Sungai Gulamo berlokasi di Jl. Bangkinang, Payakumbuh, Batu Bersurat, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

3. Rainbow Hills Rumbai
Buat kamu yang mau berburu foto instagramable, boleh mengunjungi Rainbow Hills Rumbai. Tempat ini merupakan wisata alam berupa perbukitan dan gunung berwarna-warni yang menyuguhkan pesona sangat ciamik. Penggunaan rainbow untuk lokasi ini karena objek wisata satu ini memiliki tanah dengan warna yang menyerupai pelangi, yakni abu-abu muda, pink, kuning, orange, hingga cokelat tua.

Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat siang hari karena kamu akan melihat retakan tanah yang mengering ditambah dengan cuaca siang hari yang membuatnya semakin terlihat memukau. Lokasi Rainbow Hills Rumbai ada di Jl. Kemping, Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Riau.

4. Puncak Kompe
Selain ketiga tempat di atas itu, kamu juga bisa mengunjungi Puncak Kompe yang terletak di Jl. Lintas Sumbar, Kota Masjid, Kecamatan XII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Sekilas, Puncak Kompe ini terlihat mirip dengan Raja Ampat Papua. Oleh karena itulah, tak heran jika wisata satu ini dijuluki sebagai Raja Ampat-nya Pekanbaru.

Namun, di sini kamu tidak bisa berenang, diving, dan snorkeling, tapi hanya bisa menikmati keindahan yang disuguhkan di beberapa spot. Tiket masuk ke tempat wisata ini adalah sekitar Rp10.000 per orang.

Banyak sekali ya wisata alam yang bisa dikunjungi di provinsi Riau. Yuk, ke sana! Selamat liburan, ya!