Tips Menyelenggarakan Pernikahan di Outdoor Venue

wedding-venue-outdoor.jpg

 

Mengadakan resepsi pernikahan di lokasi luar ruangan atau outdoor venue adalah satu dari sejumlah tren pesta pernikahan di masa pandemi. Pasalnya, menurut WHO, ruang tertutup dengan ventilasi yang buruk merupakan tempat virus COVID-19 dapat menyebar dengan lebih mudah. Oleh sebab itu, kamu dan banyak calon pengantin lainnya menjatuhkan pilihan pada lokasi outdoor demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Akan tetapi, sudah seberapa tahukah kamu soal pernikahan di outdoor venue? Apa saja hal-hal dan persiapan yang mesti kamu pikirkan dengan matang untuk mengadakan pernikahan luar ruangan itu? Kalau plan kamu masih belum tersusun pasti, yuk, simak tips pentingnya di bawah ini!
 

Pilih tim katering yang terampil

Perencana pernikahan dalam situs Brides.com mengungkapkan pemilihan tim katering yang terampil untuk pesta pernikahan di luar ruangan sangatlah penting. Pasalnya, situasi outdoor sering kali susah terkira dan tak senyaman dalam ruangan; terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Sehingga, pengaturan tata letak saung menu makanan, susunan hidangan, peralatan makanan berupa sendok, gelas, dan lain sebagainya perlu hati-hati dan sesuai dengan protokol kesehatan.
 

Perhatikan dekorasi venue

Sama seperti dekorasi pada ballroom wedding hotel Bandung, dekorasi outdoor venue juga bisa diatur sesuai keinginan kamu dan pasangan. Bedanya, lokasi luar ruangan punya opsi tambahan berupa pemandangan alam di sekitar yang bisa mempercantik tema dekorasi pilihan kamu. Jadi, usahakan memilih konsep dekorasi yang selaras dengan lanskap outdoor venue agar tampilan keseluruhannya indah. Tak lupa untuk mengatur kursi tamu dengan jarak satu meter supaya kamu bisa meminimalkan paparan virus di antara undanganmu, ya.
 

Persiapkan rencana cadangan terkait cuaca

Rencana cadangan atau Plan B terkait cuaca harus kamu susun dengan masak-masak pula. Sebab, tak ada yang tahu pasti apakah hari pernikahan kamu akan diisi oleh terik matahari, terang tanpa sinar mentari, angin sepoi, atau hujan badai. Memang, sih, kamu bisa mencari informasi tentang ramalan cuaca dari BMKG, namun, prakiraan itu tetap bisa meleset. Jadi, siapkan tenda atau payung buat setiap tamu untuk melindungi mereka dari cuaca ekstrem, ya.
 

Beri tahu tamu tentang lokasi venue

Lokasi luar ruangan punya daya tarik pemandangan alam juga sirkulasi udara segar dibanding lokasi dalam ruangan. Meski begitu, outdoor venue mungkin tidak “seramah” indoor venue yang berpendingin udara dan beralaskan lantai. Makanya, memberi tahu tamu-tamu kamu tentang lokasi venue—seperti rimbun pohon dan kontur tanah—perlu kamu lakukan. Tujuannya supaya para undangan kamu dapat menyesuaikan outfit mereka dengan situasi venue.
 

Selain keempat tips di atas, tentu kamu tak boleh lupa untuk menyiapkan wastafel serta sabun pencuci tangan di depan venue, menempatkan petugas pengecek suhu tubuh tamu, mencadangkan masker sekali pakai, hingga mewajibkan para undangan untuk memakai masker di acara resepsi kamu. Dengan begitu, kamu sudah menerapkan protokol kesehatan dan meminimalkan kemungkinan tertularnya virus di pesta kamu.