Wajib Beli, Oleh-Oleh Khas Makassar Ini!

0leh-oleh-khas-makassar.jpg
 
“Duh, bagusnya beli oleh-oleh apa ya kalau liburan ke Makassar?”

Kali pertama berlibur ke Makassar, mungkin kamu kebingungan harus memilih oleh-oleh khas yang mana untuk dibawa pulang ke rumah. Tenang saja, tidak perlu bingung, ada banyak kok oleh-oleh khas yang bisa kamu beli di sana. Menemukannya juga mudah karena ada banyak sekali pusat oleh-oleh maupun beberapa restoran di Makassar yang menjualnya.

Lalu, apa saja oleh-oleh yang dimaksud? Ini dia daftarnya!

1. Bannang-Bannang
Oleh-oleh khas Makassar ini bercita rasa manis dan cocok kamu bawa setelah berlibur di sana. Panganan satu ini terbuat dari tepung beras, gula merah, air, dan minyak kelapa. Bentuk dari bannang-bannang tampak seperti benang kusut, namun rasanya sangat nikmat dan bisa dijadikan sebagai teman minum kopi dan teh. 
Melansir laman Info Budaya, bentuk bannang-bannang yang menyerupai benang kusut ini memiliki dua filosofi, yakni penggambaran kehidupan rumah tangga yang tidak akan pernah terpisahkan sampai maut menjemput. Filosofi lainnya ialah sebagai manusia, kita tidak perlu mempermasalahkan dari mana asal kita, siapa kita, asalkan melakukan hal yang mulia maka jangan sampai berhenti melakukannya.

2. Kopi Toraja
Kopi toraja merupakan salah satu kopi terkenal di Indonesia yang sudah diekspor ke seluruh dunia bersama dengan kopi luwak, kopi gayo, dan kopi lainnya. Kopi toraja ini memiliki rasa yang sangat khas dan unik. Kopi ini juga memiliki bentuk dan ukuran yang tidak teratur dengan warnanya sendiri adalah cokelat tua.
Menurut situs Coffeeland Indonesia, kopi asal Makassar ini memiliki tingkat keasaman yang rendah, lembut, halus, dan cita rasanya fruity dan floral. Jika diminum, akan ada sensasi rasa yang sangat kuat dan sedikit kecut. Jika kamu penyuka kopi, maka wajib membawanya pulang saat liburan ke Makassar.

3. Kacang Disco Makassar
Jika dilihat sekilas, kacang disco asal Makassar ini memang terlihat mirip dengan kacang telur. Namun, yang membedakannya adalah rasanya, di mana kacang disco dari Makassar ini memiliki dua varian rasa, yakni original dan rempah.
Rasanya? Tentu sangat lezat karena terbuat dari berbagai macam bumbu khas Indonesia sehingga menghasilkan rasa yang sangat gurih dan manis. Jika tertarik mencobanya, langsung saja datangi kota Makassar dan jangan lupa bawa pulang oleh-olehnya.

4. Kerupuk Jintan
Sesuai dengan namanya, oleh-oleh khas Makassar satu ini diberi taburan jintan dalam proses pembuatannya. Karena itulah, saat memakannya, akan ada sensasi pedas dan gurih yang ditawarkan oleh makanan lezat satu ini. Teksturnya sendiri keras namun tetap renyah ketika dimakan.
Kerupuk jintan ini tentunya cocok dijadikan sebagai oleh-oleh jika kamu liburan ke Makassar. Banyak toko oleh-oleh di Makassar yang menjual camilan satu ini sehingga tidak akan menyulitkanmu ketika mencarinya.

Itulah beberapa pilihan oleh-oleh khas Makassar yang wajib kamu beli saat berlibur ke Makassar. Jangan sampai tidak dibeli, ya!