Wisata Sejarah di Kota Pekanbaru, Yuk!

rumah-tenun.jpg
 
Selain memiliki destinasi wisata yang memukau, kota yang terkenal dengan perdagangan dan jasanya ini memiliki tempat-tempat bersejarah yang ikonik. Tak ayal, liburanmu nanti menjadi semakin berkesan. Kamu bisa menghabiskan waktu liburanmu di sini sembari melihat sejarah dan budaya khas masa lampau Kota Pekanbaru.

Berikut merupakan daftar destinasi wisata sejarah yang terdapat di Kota Pekanbaru.

1. Istana Hinggap
Lokasi ini dinamakan Istana Hinggap karena dulunya tempat ini dijadikan sebagai tempat menginap Sultan Syarif Kasim II. Namun, sebelumnya, tempat yang menyimpan nilai sejarah sangat kental ini didiami oleh Tuan Qadhi H. Zakaria atau Tuan Kadi, seorang mufti Kesultanan Siak pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasim.

Desain dari bangunan ini bergaya Artdeco, yang kabarnya terinspirasi dari campuran khas Turki dan Eropa. Sampai saat ini, desainnya masih dipertahankan dan tidak diubah sedikit pun. Desain yang diubah hanyalah bagian lantainya saja. Liburan ke sini, yuk!

2. Rumah Tenun
Berlokasi di Kampung Bandar, Senapelan, Pekanbaru, rumah tenun sendiri merupakan tempat produksi kain tenun khas Melayu di Pekanbaru. Tempat ini memproduksi kain tenun secara manual tanpa bantuan mesin. Rumah tenun ini dulunya dibangun oleh seorang pengusaha getah ternama bernama Haji Yahya pada tahun 1887.

Menurut sejarah, di awal masa perang kemerdekaan, rumah ini dulu dijadikan sebagai dapur umum dan gudang logistik baru kemudian diubah menjadi rumah tenun. Di sini, kamu bisa melihat langsung proses pembuatan kain tenun dan membeli hasil tenun yang dibuat pengrajin.

3. Taman Tuan Kadi
Berlokasi di Kecamatan Senapelan, Pekanbaru, Riau, Taman Tuan Kadi memiliki satu keistimewaan, yakni hadirnya rumah mungil dengan desain yang sangat cantik bernama Rumah Singgah Sultan. Rumah singgah ini dulunya dibangun pada tahun 1895 dan milik bapak mertua Tuan Qadhi H. Zakaria, Haji Nurdin Putih. Sultan Syarif Kasim II kerap menginap di tempat ini jika dirinya mengunjungi Kota Pekanbaru.

Bangunan rumah ini didesain layaknya rumah panggung karena lokasinya dahulu terletak di atas sungai. Di sini, terdapat beberapa peninggalan sejarah seperti Dulang, tempat penyajian kuliner khas Melayu, sejarah Sungai Siak, dan masih banyak yang lainnya.

Itu dia deretan wisata sejarah yang bisa dikunjungi di Kota Pekanbaru. Selain mengunjungi wisata bersejarah tersebut, kamu juga bisa loh berwisata kuliner. Banyak restoran di Pekanbaru yang bisa kamu datangi dan rasakan kenikmatan makanan khasnya.

Selamat menjelajahi Kota Pekanbaru, ya!